“Dengan siapa aku berjuang?”

Ada yang pernah bilang padaku bahwa orang-orang pada dasarnya sama. Tapi kita bisa menggolongkan orang-orang itu. Orang-orang yang harus mendiami dunia ini dengan penuh perjuangan dan orang-orang yang lebih baik mati di dunia ini karena putus asa.

Lalu kemudian dia berkata padaku, kamu termasuk golongan orang yang mana? Sejenak aku berpikir, emmm tidak! Sangat lama aku memikirkan jawaban untuk pertanyaan tersebut. Banyak perjalanan yang harus aku lalui sehingga aku dapat menjawab pertanyaan tersebut. Entah itu perjalanan yang sangat mulus atau penuh liku. Ada kalanya aku sangat menggebu-gebu penuh semangat dalam menjalankan hidup ini. Tapi aku juga manusia biasa yang mempunyai segala keterbatasan. Sering kali merasa putus asa karena beberapa hal. Tapi bersukurlah aku dikelilingi orang-orang yang selalu mempunyai pikiran positif, semangat tinggi, dan yang selalu menempatkan Tuhan diatas segalanya. Justru kadang orang-orang tersebut kurang beruntung dari aku. Disitulah aku memutuskan. Apapun yg terjadi, aku akan terus berjuang.

Ya saat ini aku berjuang untuk berusaha agar tidak terluka. Saat aku terus berjuang, pada akhirnya aku akan belajar bagaimana untuk menang. Tapi sekarang aku benar-benar menghadapi pertanyaan yang jauh lebih sulit. “Dengan siapa aku berjuang?”

Aku bingung, aku benar-benar tidak tahu dengan siapa aku berjuang saat ini.

Leave a Reply

